EKONOMI KOPERASI BAB 9

PERTEMUAN XI
Eksistensi UKM Dalam
Pembangunan Ekonomi Indonesia
( + KUIS / OPENBOOK )

Pengertian
UKM atau usaha kecil menengah adalah suatu kegiatan usaha yang memerlukan modal semampunya atau sekecil mungkin, yang pada umumnya digeluti oleh lapisan masyarakat kelas menengah ke bawah untuk dapat bertahan hidup terutama di masa-masa sulit.

Keberadaan UKM

Kondisi Umum Di Negara Berkembang

Ketahanan UKM Dalam Gejolak Ekonomi

KUIS PERSIAPAN UTS (OPEN BOOK)
1. Jelaskan pengertian koperasi yang anda ketahui !
2. Jelaskan pengertian SHU dan bagaimana prinsip pembagiannya !
3. Jelaskan tujuan laporan keuangan koperasi dan bagaimana karakteristiknya !
4. Jelaskan pengertian kredit dan klasifikasinya yang anda ketahui !
5. Bagaimana menurut opini anda tentang hubungan koperasi denga trilogy pembangunan dan UUD’45 ?
6. Jelaskan definisi UKM yang anda ketahui !
7. Bagaimana keberadaan UKM di Indonesia saat ini !
8. Seberapa mampukan UKM dapat eksis di tengah krisis global, jelaskan opini anda !
9. Mengapa jiwa kewirausahaan itu perlu ? Jelaskan opini anda !
10. Apakah pengaruh dari penanaman jiwa kewirausahaan sejak kuliah bagi masa depan anda, jelaskan opini anda !

Kinerja UKM di Indonesia

Kontribusi UKM Terhadap Kesempatan Kerja dan Produk Domestik Bruto
Usaha kecil menengah memberikan sumbangsih terhadap kesempatan kerja karena kemampuannya sbb :
1. memperluas lapangan kerja di sektor informal
2. melatih kemandirian dalam berkarya atau berwirausaha bagi pelaku usaha tanpa menunggu uluran tangan dari pemerintah maupun pihak asing
3. mencetak calon-calon pengusaha baru yang siap terjun ke masyarakat
Sedangkan terhadap Gross National Product (GNP/PDB), UKM terbukti :
1. meninghkatkan pendapatan per kapita masyarakat terutama golongan menengah
2. menambah pemasukan ke APBD/APBN melalui pajak setiap 1 tahun sekali
3. menjadikan Indonesia tidak hanya sebagai negara konsumen, tetapi juga sebagai Negara produsen, untuk meningkatkan daya beli masyarakat.

Kinerja Ekspor
Barang-barang yang kualitas ekspor, kinerjanya sudah baik, hanya saja dari cara pemasarannya masih bersifat kewilayahan, walaupun ada yang go international, itupun hanya beberapa pengusaha saja. Hal ini karena :
1. Nilai mata uang dollar yang fluktuatif dan berpengaruh terhadap harga bahan baku dan biaya produksi
2. Respon pasar internasional yang selalu berubah-ubah
3. Pelaku UKM kebanyakan orang yang pendidikan formalnya kurang, sehingga mereka tidak tahu sepenuhnya tentang konsep dan strategi marketing yang tepat itu seperti apa.
4. Kurangnya perhatian dari pemerintah dalam memberdayakan UKM

Liberalisasi Perdagangan
Adalah kebebasan pihak-pihak negara maju untuk memasuki pasar domestik dengan cara mempekerjakan besar-besaran tenaga kerjanya bahkan mereka sudah berani menjual barang-barang teknologi canggih tanpa mempedulikan kondisi ekonomi masyarakat Indonesia saat ini.
Dalam hal ini UKM mampu bertahan di tengah liberalisasi perdagangan bebas, karena :
1. pangsa pasar mereka sebagian besar masih bersifat kewilayahan
2. modal usahanya kecil dan bisa balik modal lagi
3. umumnya berbentuk usaha rumahan, sehingga mereka tidak perlu menyewa tempat usaha yang memakan biaya sewa yang tinggi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: