EKONOMI KOPERASI BAB 2

EKONOMI KOPERASI dan USAHA KECIL MENENGAH
PERTEMUAN II

Pengertian Dan Prinsip Koperasi
1. Beberapa pengertian tentang koperasi
Koperasi merupakan badan usaha yang kegiatannya berdasarkan kegiatan ekonomi rakyat yang berdasarkan azas kekeluargaan sehingga diperlukan suatu upaya yang bertujuan menanamkan jiwa dan semangat untuk berkoperasi atau bekerja sama dengan sesama anggota maupun selain anggota. Menurut Pasal 1 butir (1) UU No. 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian, koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang-seorang atau badan hukum koperasi yang melandaskan usahanya berdasarkan prinsip-prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan azas kekeluargaan.
Menurut Suadmi, koperasi adalah badan usaha yang didirikan berdasarkan asas kekeluargaan, dimana yang menjadi pemilik, pengurus, pelanggan adalah anggota dari koperasi itu sendiri, sehingga koperasi digunakan untuk kepentingan dan kesejahteraan anggotanya.
Menurut Alam S, koperasi adalah badan usaha yang dianjurkan untuk mencari laba, hanya saja laba atau sisa hasil usaha itu tidak dibagi menurut besarnya modal, tetapi dibagikan sebanding dengan jasa yang disumbangkan masing-masing anggotanya.

2. Tujuan koperasi
Tujuan didirikannya koperasi adalah untuk memajukan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya serta turut membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Dari tujuan ini, terlihat bahwa koperasi juga berperan dalam membangun masyarakat Indonesia yang mandiri dan bebas dari keterpurukan ekonomi. Inilah yang membedakan ciri koperasi dengan badan usaha lainnya.

3. Prinsip-prinsip koperasi
Terdiri dari :
 Keanggotaan bersifat terbuka dan sukarela
 Pengelolaan dilakukan secara demokratis
 Pembagian sisa hasil usaha (SHU) dilakukan secara adil dan sebanding dengan besarnya jasa usaha masing-masing anggota
 Pemberian balas jasa terbatas pada besarnya modal.
 Kemandirian
 Pendidikan perkoperasian
 Kerjasama antar koperasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: