SIM SESI KE 2

MODUL SISTEM INFORMATIKA MANAJEMEN (SIM)
PERTEMUAN 1
Dosen : Ahmad Rahadian, SH, MM

SISTEM INFORMASI

Definisi sistem, informasi dan sistem informasi
Sistem adalah sekelompok unsur yang erat hubungannya satu sama lain, yang berfungsi bersama-sama untuk mencapai tujuan tertentu. Ruang lingkup sistem terdiri dari unsur-unsur sistem, keeratan hubungan antara unsur-unsur sistem itu, bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan bersama, dan merupakan bagian dari sistem lain yang lebih besar. Informasi adalah data yang telah dikelompokkan, diolah, dan diterjemahkan untuk digunakan dalam tahap pengambilan keputusan sehingga dapat mengolah data dari bentuk tak berguna menjadi berguna bagi penerimanya. Sistem informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian yang mendukung operasi organisasi yang bersifat manajerial dengan kegiatan strategi dari suatu organisasi untuk dapat menyediakan kepada pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.

Siklus informasi (Information Cycles)
Siklus informasi adalah tahap pengolahan data melalui suatu model informasi dimana si penerima kemudian akan menerima informasi tersebut untuk membuat suatu keputusan dan melakukan tindakan yang akan membuat sejumlah data kembali. Data tersebut akan ditangkap sebagai input, diolah kembali lewat suatu model dan seterusnya sehingga membentuk suatu alur yang bolak-balik atau siklus.

Kualitas informasi
Kualitas suatu informasi tergantung dari 3 (tiga) hal, yaitu harus akurat (accurate), tepat waktu (time lines), dan relevan (relevances). Akurat (accurate); informasi harus bebas dari kesalahan-kesalahan dan harus jelas mencerminkan maksudnya karena dari sumber informasi sampai penerima informasi kemungkinan banyak terjadi gangguan (noise) yang dapat mengubah atau merusak informasi tersebut. Tepat waktu (timeliness); informasi yang datang pada si penerima tidak boleh terlambat karena akan dapat berakibat buruk bagi organisasi, mahalnya informasi disebabkan karena harus cepatnya informasi tersebut dikirim atau didapat sehingga diperlukan teknologi canggih untuk mendapatkan, mengolah, dan mengirimkannya. Relevan (relevances); informasi tersebut memiliki banyak manfaat untuk pemakainya dan memiliki pula banyak perbedaan relevansi informasi yang satu dengan informasi lainnya, jadi informasi akan menjadi lebih relevan jika penyampaiannya cepat dan tepat sasaran.

Nilai informasi
Nilai informasi ditentukan oleh 2 (dua) hal, yaitu manfaat dan biaya untuk mendapatkannya. Suatu informasi dikatakan bernilai bila manfaatnya lebih bagus daripada biaya untuk mendapatkannya. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa informasi yang digunakan di dalam suatu sistem informasi umumnya digunakan untuk beberapa kegunaan sehingga tidak memungkinkan dan sulit untuk menghubungkan suatu bagian informasi pada suatu masalah tertentu dengan biaya untuk memperolehnya karena sebagian besar informasi dinikmati tidak hanya oleh satu pihak perusahaan. Pengukuran nilai informasi dihubungkan dengan analisis penghematan biaya atau keuntungan biaya atas 10 (sepuluh) sifat, yaitu mudah diperoleh; luas dan lengkap; ketelitian; kecocokan; ketepatan waktu; kejelasan; keluwesan; dapat dibuktikan; tidak ada prasangka; dapat diukur.

Komponen sistem informasi
Sistem informasi terdiri dari komponen-komponen yang disebut petak bangunan atau building block antara lain :
 Blok masukan (input block); mewakili data yang masuk ke dalam sistem informasi termasuk metode dan media untuk menangkap data yang akan dimasukkan yang dapat berupa dokumen-dokumen dasar.
 Blok model (model block); blok ini terdiri dari kombinasi prosedur, logika, dan model matematik yang akan memanipulasi data input dan data yang tersimpan di basis data dengan cara yang sudah tertentu untuk menghasilkan keluaran yang diinginkan.
 Blok keluaran (output block); produk dan sistem informasi adalah keluaran yang merupakan informasi yang berkualitas dan dokumentasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen serta semua pemakai sistem.
 Blok teknologi (technology block); teknologi merupakan sarana utama bagi sistem informasi untuk menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data, menghasilkan dan mengirimkan keluaran, dan membantu pengendalian dari sistem secara keseluruhan. Teknologi terdiri dari 3 (tiga( bagian) utama, yaitu teknisi (brainware), perangkat lunak (software), dan perangkat keras (hardware).
 Blok basis data (database block); merupakan kumpulan data yang saling berkaitan dan berhubungan satu dengan yang lain, tersimpan di perangkat keras komputer dan menggunakan perangkat lunak untuk memanipulasinya. Data perlu disimpan di basis data untuk keperluan informasi lebih lanjut dan perlu diorganisasikan sedemikian rupa agar informasi yang dihasilkan lebih berkualitas.
 Blok kendali (control block); pengendalian perlu dirancang dan diterapkan untuk meyakinkan bahwa hal-hal yang dapat merusak sistem dapat dicegah ataupun bila terlanjur terjadi kesalahan-kesalahan dapat langsung diatasi.

PENGANTAR SISTEM BERBASIS KOMPUTER

Perhatian pada sistem informasi
Manajemen membutuhkan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan yang akan dilakukan. Sumber informasi untuk pengambilan keputusan manajemen bisa didapat dari informasi eksternal dan informasi internal. Informasi internal diperoleh dari sistem informasi yang berupa hasil pengolahan data elektronik (PDE) atau non-PDE. Secara teori, komputer tidak harus digunakan di dalam SIM, tetapi kenyataannya tidaklah mungkin SIM yang kompleks dapat berfungsi melibatkan sistem nonkomputer dan elemen komputer. SIM merupakan suatu sistem yang melakukan fungsi-fungsi untuk menyediakan semua informasi yang mempengaruhi semua operasi organisasi. SIM merupakan kumpulan sistem informasi sebagai berikut :
 Sistem Informasi Akuntansi
 Sistem Informasi Pemasaran
 Sistem Informasi Manajemen Persediaan
 Sistem Informasi Personalia
 Sistem Informasi Distribusi
 Sistem Informasi Pembelian
 Sistem Informasi Kekayaan
 Sistem Informasi Analis Kredit
 Sistem Informasi Penelitian dan Pengembangan
 Sistem Informasi Teknik
Perhatian terhadap sistem informasi tersebut ditujukan untuk memberikan informasi kepada semua tingkatan manajemen,yaitu manajemen tingkat bawah, manajemen tingkat menengah, dan manajemen tingkat atas.

Model sistem informasi berbasis komputer/CBIS
Komputer merupakan bagian atau komponen yang disebut perangkat keras dan perangkat lunak. Bagian perangkat keras komputer yang pokok terdiri dari suatu unit peralatan masukan, unit pengolah pusat (CPU) yang mengontrol urutan dan langkah semua operasi, unit penyimpanan berupa pita magnetikm dan sebuah alat cetak yang berkecepatan tinggi yang dapat mencetak dengan cepat. Robert H. Blismerr dalam “Computer Annual” mengartikan komputer sebagai suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut : menerima input, memproses input sesuai dengan programnya, menyimpan perintah dan hasil pengolahan serta menyediakan output dalam bentuk informasi. Donald H. Sanders dalam “Computer Today” mendefinisikan komputer sebagai sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan dirancang serta diorganisasikan secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah instruksi program yang tersimpan di memori (stored program). Gordon B. Davis dalam “Introduction to Computers” mengartikan komputer sebagai tipe khusus alat penghitung yang mempunyai sifat tertentu yang pasti.
Dari definisi tersebut diatas, dapat disimpulkan bahwa komputer adalah sebuah alat elektronik yang dapat menerima data input, mengolah data tersebut, memberikan informasi dari hasil pengolahan data tersebut dengan menggunakan suatu program yang tersimpan dalam memori komputer dan dapat menyimpan suatu program dan hasil pengolahannya serta bekerja secara otomatis. Sedangkan yang dimaksud dengan program adalah kumpulan instruksi atau perintah yang rinci dan sudah dipersiapkan supaya komputer dapat melakukan fungsinya dengan cara yang sudah tertentu. Model sistem informasi berbasis komputer terdiri dari pengolahan data elektronik (PDE) yang sekarang menjadi Data Processing (DP), Sistem Informasi Akuntansi (SIA) untuk menggambarkan sistem yang mengolah aplikasi pengolahan data perusahaan. SIA menghasilkan beberapa informasi sebagai sampingan dari proses akuntansi, dan end-user computing atau penghitungan konsumen. End-user computing berkembang karena pengaruh meningkatnya pengetahuan tentang komputer, antrian jasa informasi, perangkat keras yang murah, dan perangkat lunak siap pakai.

Pokok-pokok sebuah sistem informasi
Sistem informasi manajemen (SIM) bukan merupakan hal yang baru, melainkan komputerisasinya. Sebelum ada komputer, teknik SIM telah ada untuk memberi manajer informasi yang memungkinkan mereka merencanakan atau mengendalikan operasi. Komputer telah menambah satu atau dua dimensi, seperti kecepatan, ketelitian, dan volume data yang meningkat yang memungkinkan pengembangan-pengembangan alternatif yang lebih banyak dalam suatu keputusan, yang di dalam suatu organisasi terdiri dari sejumlah unsur, orang yang mempunyai bermacam-macam peran dalam organisasi, kegiatan atau tugas yang harus diselesaikan di tempat kerja, wewenang pekerjaan serta hubungan komunikasi yang mengikat bersama tersebut.
Sistem informasi manajemen merupakan penerapan sistem informasi di dalam organisasi untuk mendukung informasi-informasi yang dibutuhkan oleh semua tingkatan manajemen. Telah diketahui bahwa informasi merupakan hal yang sangat penting bagi manajemen di dalam pengambilan keputusan.

Proses pengembangan SIM
Tahapan dan kegiatan dalam pengembangan sistem informasi manajemen dapat diklasifikasikan sebagai berikut :
1. Tahap Investigasi Sistem
a. Studi Awal (Initial System)
b. Studi Kelayakan (Feasibility System)
2. Tahap Analisis Sistem
a. Pembahasan sistem yang berjalan
b. Menentukan kebutuhan sistem baru
c. Membuat rancangan sistem baru
3. Tahap Perancangan Sistem
a. Rancangan dan spesifikasi teknik
b. Pembuatan dan pengujian program
c. Training user
4. Tahap Implementasi Sistem
a. Melakukan tes sistem
b. Pemasangan dan peralihan sistem
c. Review hasil implementasi
d. Laporan pembangunan sistem

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: