MANAJEMEN LOGISTIK SESI 1

Sistem Manajemen Gudang
Sistem adalah kumpulan interaksi dari sub sistem, dan Manajemen adalah ilmu mengelola sumber daya, sedangkan Gudang adalah tempat penyimpanan barang sementara. Secara ringkas sistem manajemen gudang mengandung pemahaman : pengelolaan dari aktifitas yang saling terkait dalam aktifitas penyimpanan barang sementara. Apa saja aktifitas penyimpanan barang itu? Penerimaan dari pemasok, handling barang, pengeluaran barang ke tujuan
Manajemen Distribusi dan Logistik
Materi (Silabus)
1. Pengantar Manajemen Logistik dan Distribusi
2. Fungsi Utama Manajemen Logistik
3. Cara Mengelola Logistik Di Perusahaan
4. Analisis Strategi Logistik
5. Perencanaan Distribusi Fisik
6. Logistics Information System
7. Management Persediaan
8. Mengelola Material Flows
9. Transportasi
10. Warehousing
11. Manajemen Pembelian
12. Pengendalian Kinerja Logistik
13. Global Logistics
14. Struktur Organisasi Logistik
15. Implementasi Strategi Logistik

Pengantar Manajemen Logistik dan Distribusi
Pengertian Manajemen Logistik
Berdasarkan uraian dari pengertian manajemen dan pengertian logistik, bahwa manajemen lebih menitik beratkan pada cara untuk mengelola barang melalui tindakan-tindakan perencanaan dan penentuan kebutuhan, pengadaan, penyimpanan, penyaluran, pemeliharaan dan penghapusan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.A. Hasyim Ali mentermajhkan pendapat P. Bowersox tentang pengertian logistik modern. Dalam buku Manajemen Logistik, Bowersox mengemukakan definisi logistik sebagai berikut :Logistik adal…

Pengertian Pengadaan
Pengadaan dapat mempengaruhi keseluruhan proses arus barang karena merupakan bagian penting dalam proses tersebut, karena itu pengadaan harus dianggap sebagai fungsi yang strategis dalam manajemen logistik, dimana dalam pelaksanaan pengadaan ini harus tersedia dalam jumlah yang cukup, pada waktu yan…

Pengertian Logistik
Logistik telah dikenal di kalangan masyarakat luas baik dalam lingkungan masyarakat luas baik dalam lingkungan lembaga – lembaga maupun instansi, yang biasanya menggunakan istilah – istilah yang berbeda, misalnya :Biro MaterialBiro PembekalanBiro PemeliharaanBiro PengadaanSecara etimologi, Logistik…

Pengertian Manajemen
Pengertian Manajemen berasal dari kata to manage yang berarti mengatur. Manajemen juga menganalisa dan menetapkan tujuan – tujuan serta mendeterminasi tugas – tugas dan kewajiban – kewajiban secara baik, efektif dan efisien. Manajemen mempunyai beberapa pengertian dan defisini yang berbeda – beda.

Ruang Lingkup Manajemen Logistik

1. Peran manajemen logistik dan Pergudangan dalam kehidupan Perusahaan.
– Evolusi sistem manajemen logistik.
– Siklus manajemen logistik.
– Pergudangan sebagai Subsistem dalam sistem logistik.
– Objektif Manajemen logistik dan Pergudangan.
– Fungsi fungsi manajemen logistik dan pergudangan.
– Fungsi Pelayanan Sistem logistik dan Pergudangan.
– Aktivitas gudang
– Struktur Pergudangan
– Pemilihan Lokasi Gudang
2. Pemeriksaan/Pengujian Barang.
– Dasar Pemeriksaan Barang.
– Destructive dan Non destructive test.
– Kriteria Pemeriksaan total dan sampling.
– Penentuan ukuran sample.
– Penentuan Acceptance Level.
– Pembuatan Berita Acara Pemeriksaan Barang.
3. Administrasi Penerimaan Barang.
– Prasyarat penerimaan barang.
– Pembentukan team penerimaan barang.
– Kriteria penerimaan barang.
– Sistem dan Prosedur Penerimaan Barang.
– Dokumen penerimaan barang.
– Berita Acara Penerimaan Sementara.
– Berita Acara Penerimaan Barang.
– Penyusunan laporan transaksi barang.
– Rekomendasi pembayaran.
4. Administrasi dan Teknik Penyimpanan Barang.
– Sistem dan Prosedur Penyimpanan Barang.
– Dokumen yang digunakan untuk penyimpanan barang.
– Tatacara Pengisian Kartu Barang.
– Tatacara Pengisian Kartu Administrasi Persediaan
– Tatacara perhitungan nilai persediaan barang
5. Teknik Penyimpanan Barang Berukuran Kecil.
• Aktivfitas unloading barang ukuran kecil.
• Pengendalian kualitas dan kuantitas.
• Packaging.
• Identifikasi produk.
• Teknik penyimpanan dan pelayanan pelanggan
• Pengendalian persediaan.
• Authomatic identification method
6. Pengelolaan barang yang disimpan menggunakan karton (full-case)
• Manfaat penyimpanan barang menggunakan karton.
• Order-pick methods.
• Teknik pengaturan penyimpanan menggunakan karton.
• Identifikasi posisi karton dan pallet.
7. Akuntansi Persediaan.
– Peran akuntansi dalam pengelolaan persediaan.
– Kontrol intern dilihat dari segi organisasi serta sistem dan prosedur administrasi pergudangan.
– Perhitungan biaya material dengan metoda FIFO (First in First Out), LIFO (Last in First Out), dan AVERAGE.
– Laporan persediaan yang diperlukan akuntansi.
8. Laporan Sistem Pergudangan.
– Laporan status persediaan.
– Laporan Transaksi Barang.
– Klasifikasi Barang.
– Statistik Pemakaian Barang.
– Laporan Perhitungan Inventory Control.
9. Manajemen Pergudangan dan distribusi
• Konsep dasar Distribution Requirement Planning (DRP).
• Multi – echelon distribution system
• Pull system
• Push system
• Illustrasi order – point system
• Solusi order point
• Base – stock system
• Illustrasi perhitungan DRP
• Studi kasus DRP dengan menggunakan Software.
10. Inventory Control Techniques
– Klasifikasi persediaan.
– Biaya persediaan.
– Sistem pengendalian persediaan.
– Economic order quantity; Reorder point dan Safety Stock untuk Independent – material
– Fixed order period inventory system
– Latihan perhitungan optimasi persediaan .
11. Inventarisasi dan auditing persediaan
– Manfaat inventarisasi persediaan.
– Teknik inventarisasi persediaan.
– Inventarisasi total dan inventarisasi sebagian.
– Laporan Hasil inventarisasi.
12. Sistem Informasi dan Komputerisasi Sistem Manajemen Pergudangan
– Perbedaan data dan informasi pergudangan.
– Apa yang dimaksud dengan sistem informasi manajemen.
– Pembentukan Master File Kodifikasi Barang.
– Pembentukan Master File Persediaan di Gudang.
– Penentuan Kode Lokasi Barang.
– Teknik Pencatatan Transaksi Barang.
13. Peragaan software manajemen pergudangan dan distribusi yang mencakup aspek :
– Penerimaan barang,
– Administrasi penyimpanan.
– Pembentukan item master file.
– Optimasi Persediaan.
– DRP dan optimasi distribusi barang.
– Lokasi barang.
14. Studi kasus sistem manajemen pergudangan.
Fungsi Utama Manajemen Logistik
Fungsi manajemen logistik merupakan sarana penunjang datum pelaksanaan operasional sehari-kari suatu institusi. Sebagai salah satu fungsi perusahaan, manajemen logistik memerlukan tatacara pengelolaan yang efektif, efisien dan akurat Seminar manajemen logistik terpadu ini disusun untuk memberikan suatu sarana pengembangan pemanaman tentang berbagai aspek manajemenyang diperlukan dalam pengelolaan material.
Logistik berasal dari bahasa Yunani Kono yaitu ’Logistikos’ yang berarti ’terdidik/pandai’ damal memperkirakan/berhitung.Donald J.Bowersok (2000), Logistik didefinisikan sebagai ’Proses pengelolaan yang strategis terhadap pemindahaan dan penyimpanan barang, suku cadang dan barang jadi dari supplier, di antara fasilitas-fasilitas perusahaan dan kepada para langganan’

H. Subagya, MS (1996) ’Logistik merupakan salah satu kegiatan yang bersangkutan dengan segi-segi:

Perencanaa dan pengembangan, pengadaan, penyimpanan, pemindahan, penyaluran, pemeliharaan, pengungsian dan penghapusan alat-alat perlengkapan
Pemindahan, pengungsian dan peralatan personil
Pengdaan atau pembuatan, penyelengaraan pemeliharaan dan penghapusan fasilitas-fasilitas
Pengusaha atau pemberian pelayanan / bantuan-bantuan. Lukas Dwiantara dan Rumsari Hadi (2004) ’Manajemen logistic merupakan serangkaian kegiatan perencanaan, pengorganisasian, dan pengawasan terhadap kegiatan pengadaan pencatatan, pendistribusian, penyimpanan, pemeliharaan dan penghapusan logistik guna mendukung efektivitas dan efidiensi dalam upaya pencapaian tujuan organisasi’.

Indriyi G dan Agus Mulyono (1998) ’Kegiatan logistik adalah mengembangkan operasi yang terpadu dari kegiatan pengadaan atau pengumpulan bahan, pengangkutan atau transportasi, penyimpanan, pembungkusan maupun pengepakan pendistribusian, dan pengaturan terhadap kegiatan tersebut’.

Fungsi Manajemen Logistik terdiri dari beberapa bagian yaitu:
-PerencanaandanPenentuanKebutuhan
-Penganggaran
-Pengadaan
-PenyimpanandanPenyaluran
-Pemeliharaan
-Penghapusan
-Pengendalian

Jenis barang dalam manajemen logistik

1. Barang konsumsi : barang yang dihasilkan poerusahaan untuk kepaentingan konsumen akhir

Misalkan : Produsen – Konsumen
Produsen – Pengecer – Konsumen
Produsen – Pedagan Besar – Pengecer – Konsumen
Produsen – Agen – Pengecer – Konsumen
Produsen – Agen – Pedagang Besar – Pengecer – Konsumen

2. Barang Industri : suatu barang yang dihasilkan perusahaan untuk kepentingan atau kegiatan industri

Misalkan
Produsen – Pemakai industri
Produsen – Distributor industri – Pemakai industri
Produsen – Agen – Pemakai industri
Produsen – Agen Distributor industri – Pemakai industri

Asas-asas manajemen logistik terdiri dari :

-Keahlian
-kreativitas
-Ketelitian
-KetertibandanKedisiplinan
-KualitasPelayanan
-KesempurnaanWatak
-Efektivitas
-Efisiensi

Konsep logistik terpadu terdiri dari dua usaha :

1.OperasiLogistik

a. Manajemen distribusi fisik : aspek logistik keseluruhan yang berhubungan dengan pengelolaan dan pengiriman barang yang dipesan oleh pelanggan.

b. Manajemen Material : menyangkut perolehan dan pengangkutan material suku cadang, dan atau persediaan barang jadi untuk dijual kembali

c. Transfer persediaan barang (internal) : berkenaan dengan pergerakan fasilitas-fasilitas perusahaan

2.KoordinasiLogistik

Identifikasi kebutuhan pergerakan dan penetapan rencana untuk memadukan seluruh operasi ligistik. Koordinasi logistik dibagi kedalam 4 bidang:

Peramalan
Pengelolaanpesanan
Perencanaanoperasi
Pengadaan/Pengadaankebutuhanmaterial

Sistem Logistik Yang Berlaku Di Dalam Perusahaan

Operasi (sistem kerja) perusahaan terdiri atas :

-Pemasaran
-Keuangan
-Logistik
-Produksi

Kekuatan eksternal yang dapat mempengaruhi kegiatan logistik :

Strukturindustri
Pasaryangdituju
Peraturanpemerintah
Strategibersaing
Keadaanperekonomian
ManajemenSDM
KebiasaanKonsumen

Faktor-faktor yang terdapat dalam sistem logistik:

-Pengumpulan
-Peyimpanan
-Transfer
-Penyebaran
-Pembiayaan
-Komunikasi

Unsur sistem manajemen logistik :

-Strikturfasilitas
-Transportasi
-Persediaan
-Komunikasi
-Pengelolaandanpenyimpanan

Kebijakanpengunaanlogistik:

-KebutuhanSDM
-Penyediaandanalogistik
-Faktorpengawasan
-Jenisbarang
-Pelanggan
Cara Mengelola Logistik Dalam Perusahaan

Logistik dianggap sebagai suatu proses yang sangat penting, karena dengan pengelolaan yang efektif dan efisien akan menjadi salah satu sumber keunggulan kompetitif yang dapat diciptakan oleh perusahaan. Dasar-dasar kesuksesan dalam kompetisi di pasar ada beberapa macam tetapi suatu model sederhana yang dapat dikemukakan dan cukup masuk akal adalah apa yang dinamakan sebagai “the triangular linkage of the company” atau “the Three C’s” yaitu customers, competition dan company dengan hubungan keterkaitan dibantara ketiganya seperti yang diperlihatkan pada Gambar 1.

Penanganan manajemen logistik yang baik akan bermuara pada terbentuknya keunggulan kompetitif perusahaan. Sumber dari keunggulan kompetitif tersebut terletak pertama-tama pada kemampuan perusahaan membedakan dirinya sendiri di depan mata konsumen dari para pesaingnya (value advantage). Kedua, dengan cara bekerja berbiaya rendah yang berarti memperoleh laba yang lebih tinggi (productivity atau cost advantage).

Productivity advantage
Biasanya makin besar volume produksi suatu barang, biaya per satuan barang akan makin kecil karena fixed cost dibagi lebih merata dengan angka pembagi yang lebih besar. Sedangkan variable cost per satuan barang akan tetap, sehingga total cost per satuan barang akan mengecil. Oleh karena itu, kenaikan market share akan menaikkan volume produksi dan selanjutnya akan menurunkan biaya produksi per satu satuan barang. Namun, cara menurunkan biaya produksi tidak hanya dengan menaikkan market share, tetapi dapat juga dengan menurunkan biaya logistik.

Value advantage
Sudah menjadi semacam axioma dalam marketing management bahwa konsumen tidak membeli “barang” (product) tetapi mereka membeli “faedah atau keuntungan tertentu” (benefit). Oleh karena itu, bila perusahaan tidak mampu membedakan produknya dengan produk kompetitornya, maka barang atau produknya akan menjadi “barang komoditas” biasa dan konsumen akan cenderung membeli jenis barang tersebut yang harganya paling murah. Untuk mendapatkan value advantage ini, maka perusahaan harus menciptakan nilai tertentu dan biasanya harus dilakukan pada suatu segmen pasar tertentu.

Dalam prakteknya, perusahaan-perusahaan yang sukses – tanpa perduli berskala kecil, menengah, dan besar – ternyata terus menerus berusaha mencari posisi dalam pasar berdasarkan kedua-dua advantage itu, yaitu productivity advantage dan value advantage. Opsi-opsi yang tersedia dalam hubungan antara value advantage dan productivity advantage adalah seperti Gambar 2.

Perusahaan yang merasa menempati kotak bawah kiri dalam matrix tersebut berada pada posisi paling malang, karena tidak mempunyai keunggulan apa-apa atau sangat minim. Cara satu-satunya adalah harus bergerak ke kanan atau ke atas. Dalam matriks tersebut terlihat bahwa fungsi logistik dapat membantu banyak untuk meningkatkan, baik value advantage maupun productivity advantage.

Yang sangat penting diperhatikan adalah bahwa layanan akan sangat menentukan dalam membedakan antara perusahaan yang satu dan yang lainnya. Jenis layanan ini (value advantage) hampir tidak terbatas jenisnya, dari yang memakan biaya sampai yang sama sekali tidak, atau hanya membutuhkan biaya yang relatif sangat kecil.

Dapat dikatakan bahwa perusahaan yang berhasil menjadi market leader adalah perusahaan yang mengusahakan dan berhasil mencapai dua puncak kesempurnaan, yaitu cost leadership dan service leadership.

Analisis Strategi Logistik Perusahaan Dengan Menggunakan Analytical Network Process (ANP)

Persaingan yang semakin ketat akibat perubahan-perubahan lingkungan bisnis memaksa pelaku-pelaku industri, baik sektor industri maupun jasa, untuk memikirkan cara-cara baru dalam memenangkan persaingan. Strategi logistik dan Supply Chain Management yang tepat merupakan salah satu cara untuk memenangkan persaingan. Logistik pada dasarnya merupakan suatu proses perancanaan, implementasi dan pengontrolan efisiensi, aliran biaya dan penyimpanan bahan baku, penyimpanan barang dalamm proses, produk jadi dan informasi-informasi lain yang berhubungan dengan titik awal dan titik akhir dari suatu proses produksi dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Misi yang ingin dicapai oleh sistem logistik itu sendiri adalah mendapatkan produk/jasa yang tepat, pada tempat yang tepat, waktu yang tepat, dan pada kondisi yang diinginkan, dengan tetap memberikan kontribusi yang besar bagi perusahaan. Logistik memegang peranan strategis dalam suatu organisasi yang selalu ingin ikut ambil bagian dalam perubahan pasar dan integrasi rantai pasokan. Logistik dan Supply Chain Management dipengaruhi oleh beberapa faktor eksternal seperti aliansi strategis perusahaan, perubahan teknologi, lingkungan kompetitif yang kian meningkat; dan faktor internal seperti sistem pendukung keputusan pada perusahaan, integrasi sistem informasi, perputaran sistem logistik, dan peningkatan performansi yang diharapkan. Penelitian ini berusaha untuk menyusun kekompleksan yang terjadi dengan mengevaluasi alternatif-alternatif strategi logistik dan manajemen rantai pasokan dengan menggunakan teknik analisis multiatribut yang lebih dikenal dengan Analytical Network Process (ANP). ANP merupakan suatu sistem dengan pendekatan feedback yang digunakan untuk menilai hubungan multiarah yang dinamis antar atribut keputusan. Mengingat lingkungan sangat mempengaruhi pengambilan keputusan perencanaan strategi, maka pendekatan ANP merupakan pendekatan evaluasi strategi yang digunakan untuk mendapatkan strategi logistik dan manajemen rantai pasokan terbaik yang hendaknya diambil sesuai dengan kondisi perusahaan saat ini.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: